Senin, 21 Desember 2015

4 Alasan Fashion E-Commerce Sangat Menjanjikan

Mengingat inovasi dan kecanggihan teknologi yang kian hari kian berkembang membuat sebagian pebisnis atau penjual lebih beralih atau menekankan pemasaran mereka melalui digital marketing. Hal ini dilakukan bukan tanpa alasan, semua pemilik produk menginginkan produk mereka selalu menjadi trend setter yang secara otomatis akan turut meningkatkan penjualan produk mereka.

Para pengguna perangkat ponsel pintar yang semakin hari semakin meningkat juga menjadi salah satu alasan dipilihnya e-commerce sebagai teknik pemasaran yang sangat efektif. Menjaring begitu banyak konsumen dengan cara yang seefisien mungkin.

Namun dibalik itu semu masih terdapat beberapa kelemahan yang kerap ditujukan pada konsep bisnis e-commerce ini. Tidak adanya bukti pembayaran yang bisa diklaim, tidak dapat mencoba barang sebelum dibeli,serta jarangnya penjual yang mau memberikan pelayanan berupa pengembalian barang yang tidak sesuai menjadi sedikit contoh dari kelemahan e-commerce.

Tapi dibalik itu semua, e-commerce tetaplah menjadi sebuah peluang yang sangat potensial dan menjanjikan di masa depan terutama untuk segmen fashion hijab. Sulit memang menjelaskan proses yang sedang terjadi saat ini namun berikut beberapa alasan mengapa bisnis e-commerce menjadi salah satu peluang yang menjanjikan. 

Terbukanya pangsa pasar yang sangat luas

Semakin hari kecenderungan manusia akan hal yang instant dan tidak ribet terus bertambah. Mereka akan mencari sesuatu yang menurut mereka mempermudah dan mempersingkat sebuah proses yang biasanya dilakukan secara manual. Hal ini akan menjadi hal yang mengutungkan bagi para pelaku digital marketing karena pada intinya pemasaran seperti ini menyasar orang-orang yang tidak ingin ribet. 

Mencoba baju (fitting) secara virtual dengan bantuan teknologi

Seperti yang kita ketahui, jika kita memilih berbelanja secara manual kita bisa mencoba baju yang kita inginkan tersebut apakah cocok jika kita pakai. Celah inilah yang saat ini masih menjadi masalah terbesar bagi para penjual online terhadap para konsumennya.

Teknologi merupakan satu-satunya harapan untuk mengatasi celah yang ada saat ini, sehingga kedepannya pengalaman para konsumen dalam berbelanja online bisa bertambah dan lebih menarik. Hingga saat in masih sedikit para penjaul yang menggunakan 3-D technology dalam memajang barang dagangan mereka di toko online. 

Belanja online sudah dianggap sebagai sebuah aktivitas sosial

Jika melihat kebelakang sepuluh atau dua puluh tahun yang lalu, proses jual beli merupakan salah satu proses interaksi sosial antara penjual dan pembeli secara langsung. Dengan adanya teknologi terutama sosial media, proses ini sama sekali berbeda sekarang. Efisiensi waktu dan tenaga sangat terasa perbedaanya dengan adanya teknologi saat ini.

Sosial media strategy bisa menjadi salah satu andalan dalam memasarkan produk langsung kepada konsumen tanpa harus susah payah untuk memanage sebuah website atau online shop. Efisiensi biaya juga menjadi salah satu keuntungan strategy ini. 

Adanya rentang ekonomi pada fashion e-commerce

Daya beli masyarakat sangat bervariatif, terutama jika berbicara dengan gaya berpakaian atau fashion style. Adanya rentang ini menjadikan banyaknya peluang untuk masuk dengan menawarkan produk yang sesuai dengan daya beli namun juga tidak jauh atau masih sesuai dengan keinginan si konsumen. 

Fashion bukan lagi sebuah industri yang ekslusif

Pandangan masyarakat akan fashion bukan lagi sebuah hal yang “wah”, hal ini terjadi karena pergeseran style yang begitu cepat dan siapa saja bisa mengakses bagaimana cara berpenampilan agar tampil trendy.

Inilah beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam usaha menjual fashion hijab secara online. Semoga bermanfaat bagi anda semua.

Tidak ada komentar: